MELATIH MOTORIK ANAK DOWN SYNDROME DENGAN METODE PERSIAPAN MENULIS DI TK PERMATA BUNDA SURAKARTA

QAHARANI , AFRIYAN (2010) MELATIH MOTORIK ANAK DOWN SYNDROME DENGAN METODE PERSIAPAN MENULIS DI TK PERMATA BUNDA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085005.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A520085005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Hambatan yang dialami oleh anak down syndrome, salah satu diantaranya adalah hambatan kemampuan motorik terutama fine motor/ motorik halusnya. Salah satu cara untuk melatih motorik anak down syndrome adalah dengan menggunakan metode persiapan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya metode persiapan menulis dalam melatih fine motor/ motorik halus anak down syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak penyandang down syndrome yang bersekolah di TK Permata Bunda Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila metode persiapan menulis dilakukan secara rutin dan berkesinambungan dapat melatih motorik anak down syndrome. Implementasi penerapan metode persiapan menulis adalah pada waktu kegiatan pembelajaran individual, karena untuk kegiatan klasikal tidak efektif dan hasilnya kurang maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik, Anak, Down Syndrome, Persiapan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 07:32
Last Modified: 11 Jun 2012 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item