KHOTIMAH, QUSNUL (2010) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY DOUGH DI TK MTA MUNGGUR MOJOGEDANG KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A520080095.pdf Download (60kB) |
|
PDF
A520080095.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bakat, kemampuan dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi merupakan kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang. Pengembangan kreativitas sangatlah penting untuk diberikan pada anak usia taman kanak-kanak. Masa anak pada usia tk merupakan masa emas (Golden age) pada masa ini anak masih mudah untuk menerima rangsangan dari luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui permainan play dough pada pokok bahasan membentuk bunga dan bintang. Penelitian dilakukan di TK MTA Munggur, Mojogedang, Karanganyar. Penerima tindakan adalah siswa kelas B 1, yang berjumlah 31 anak, subyek pelaksana tindakan adalah guru kelas dan anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 putaran dalam setiap putaran 3 kali tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kreativitas siswa melalui permainan play dough. Peningkatan kreativitas siswa dalam, kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga meningkat menjadi 58,6 %, kreativitas mengemukakan ide meningkat menjadi 45,1 %, dan kreativitas membentuk play dough meningkat menjadi 51,6 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan, play dough, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Oct 2010 05:27 |
Last Modified: | 11 Jun 2012 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8714 |
Actions (login required)
View Item |