PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

ANITA , ANITA (2010) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060195.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A210060195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) pengaruh kedisiplinan guru terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) pengaruh motivasi kerja dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 50 orang guru. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, akan tetapi jumlah angket yang dikembalikan hanya 42, sehingga jumlah subyek penelitian hanya 42 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,746 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009. 2) Kedisiplinan guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,276 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi kerja dan kedisiplinan guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 37,450 > 3,238 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi kerja memberikan sumbangan efektif 24,4%dan variabel kedisiplinan guru memberikan sumbangan efektif 41,4%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kedisiplinan guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kinerja guru dibandingkan variabel motivasi kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Kedisiplinan Guru dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 03:07
Last Modified: 14 Nov 2010 14:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item