ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA BOYOLALI

NI’MAH , ISNA ULIN (2010) ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060105.pdf

Download (489kB)
[img] PDF
A210060105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa kekuatan , kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan dalam kelangsungan usahanya dan bagaimana strategi yang digunakan untuk kelangsungan usha tersebut, serta untuk mengetahui adakah pengaruh tingkat kualitas pelayanan terhadap kelangsungan usaha. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan mengambil lokasi di PDAM Tirta Dharma Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM Tirta Dharma Boyolali. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden (10%). Teknik sampling menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities and Threats) yang digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan-perusahaan, dengan MDTI ( Matrik Daya Tarik Industri ) yang digunakan untuk mengetahui posisi unit bisnis usaha strategis serta alternatif strategi yang digunakan. Dan uji validitas dan reliabilitas untuk kuesioner. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi pemasaran Tirta Dharma Boyolali berdasarkan hasil analisis faktor strategi internal mendapatkan skor sebesar 2,65 berada di daerah pertumbuhan. Strategi pertumbuhan dapat dilakukan dengan meningkatkan pangsa pasar, beroperasi pada pasar yang sedang tumbuh, aplikasi teknologi, menghasilkan sejumlah aliran kas masuk, serta penjualan yang relatif mantap dengan laba yang cukup tinggi. (2) Faktor-faktor strategi pemasaran dan belum bereaksi secara optimal terhadap faktor-faktor ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Adanya persaingan antar perusahaan dengan produk sejenis kurang diantisipasi oleh manajemen, tingginya biaya produksi, ketatnya peraturan BUMD, dan ancaman produk pengganti kurang ditanggapi baik oleh manajemen. Hal ini terlihat dari skor nilai tertimbang untuk faktor peluang dan ancaman sebesar 2,45. (3) Berdasarkan analisis dengan matriks MDTI diketahui strategi yang tepat untuk produk mebel adalah diarahkan pada pertumbuhan selektif yaitu dititik beratkan pada peningkatan jumlah pengecer dan memperluas daerah pemasaran. Untuk membuka peluang pasar perusahaan dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan pengembang perumahan untuk mendapat pelanggan baru dan bekerja sama dengan PDAM daerah lain untuk bersama-sama memproduksi dan memasarkan produk. (4) Hasil tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan PDAM Tirta Dharma Boyolali menunjukkan bahwa responden menyatakan sangat baik. Artinya kualitas pelayanan PDAM Tirta Dharma sudah mampu memenuhi keinginan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi, kualitas pelayanan, kelangsungan usaha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2010 09:30
Last Modified: 14 Nov 2010 15:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item View Item