PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010

FATIMAH , SITI (2010) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060036.PDF

Download (101kB)
[img] PDF
A210060036.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Think Pair Share. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru akuntansi kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, dan siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 40 siswa sebagai penerima tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 158 siswa, dalam penelitian ini peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel dari 4 kelas, kelas tersebut adalah kelas IX IPS 1. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan 1.) adanya peningkatan kreativitas belajar Akuntansi siswa yang meliputi aspek-aspek: a) Kemampuan mengemukakan pendapat yang serupa untuk memecahkan masalah 2,5% sesudah tindakan menjadi 42,5%, b) Kemampuan siswa dalam mengatasi masalah keaktifan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan12,5% sesudah tindakan menjadi 60%, c) Kemampuan siswa bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 10% dan di akhir tindakan 55% serta 2.) adanya peningkatan prestasi belajar Akuntansi sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan 92,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Akuntansi melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga mengakibatkan meningkatnya hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas dan metode Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:21
Last Modified: 13 Nov 2010 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8634

Actions (login required)

View Item View Item