HANANG SAPTO , AJI (2010) STUDY PENGARUH APLIKASI MEMBRAN RACING TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH 135 CC DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTAMAX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D200020060.pdf Download (54kB) |
|
PDF
D200020060.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Modifikasi mesin pada motor kerap dilakukan karena ketidakpuasan pemakai (konsumen) dengan performa motor standar. Ketidakpuasan ini disebabkan sebagian dari para pemakai (konsumen) menginginkan performa mesin yang lebih baik, dengan alasan untuk efisiensi waktu atau untuk kepentingan kompetisi (balap). Untuk meningkatkan performa mesin standar dapat dilakukan dengan memperbaiki proses pembilasan dan pengisian silinder. Dalam proses tersebut membran berperan penting, pada sistem pemasukan campuran bahan bakar Kerja membran atau reed valve adalah untuk mengatur jumlah uap bensin terisap ke ruang engkol atau karter dan sebagai katup penutup ruang karter saat terjadi pembilasan ke silinder. sehingga dengan mengganti membran standar yang ada pada mesin dengan model racing dapat memperbaiki proses pembilasan dan pengisian silinder, Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membandingkan unjuk kerja mesin motor 2 langkah yang menggunakan membran standar dan yang menggunakan membran racing, dengan variasi bahan bakar premium dan pertamax. Objek yang digunakan adalah motor Yamaha RX King, 2 langkah 135 cc, membran yang digunakan adalah membran standar yang ada pada mesin dan model racing dengan merk V-Force dan menggunakan 2 jenis bahan bakar yaitu premium dan pertamax. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing membran dan bahan bakar untuk memperoleh perbandingan torsi, daya, tekanan BMEP, dan konsumsi bahan bakar pada tingkat putaran mesin 5000-10000 rpm, dengan menggunakan mesin dynotest seri V3.2 Rextor Pro Dyno dengan jenis Inertia dynamometer di Laboratorium Mototech Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan daya motor, torsi dan BMEP yang dihasilkan dengan membran racing lebih tinggi dari membran standar, dengan selisih daya maksimum ± 1 kW dan torsi 1 Nm. Daya dan torsi maksimum yang dicapai terdapat pada variasi penggunaan membran Racing - pertamax, yaitu sebesar 14,615 kW pada putaran 9000 rpm dan 15,763 Nm pada putaran 8000 rpm. Selain itu penggunaan membran racing dapat menghemat konsumsi bahan bakar lebih irit daripada membran standar. Pada putaran 7000 rpm konsumsi bahan bakar spesifik untuk bahan bakar pertamax 0,0554 kg/kWh, sedangkan premium 0,0786 kg/kWh.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membran, premium, pertamax |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 29 Sep 2010 09:33 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 15:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8633 |
Actions (login required)
View Item |