SUNARSIH, SUNARSIH (2010) DAMPAK TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, KESEMPATAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BERORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KECAMATAN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080048.pdf Download (255kB) |
|
PDF
Q100080048.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis dan menguji dampak tingkat pendidikan orang tua, kesempatan belajar dan aktivitas berorganisasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Blora. (2) Untuk menganalisis dan menguji dampak tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Blora. 3) Untuk menganalisis dan menguji dampak kesempatan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Blora. (4)Untuk menganalisis dan menguji dampak aktivitas berorganisasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Blora. Tempat penelitian adalah SMP Kecamatan Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Blora sebanyak 1671 siswa (10 sekolah). Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 286 siswa dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Teknik pengambilan sampel menggunakan Propotionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji otokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel tingkat pendidikan orang tua, kesempatan belajar, dan aktivitas berorganisasi mempunyai dampak positif terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan besarnya nilai sig 0,000<0,05; (2) Variabel tingkat pendidikan orang tua mempunyai dampak positif terhadap motivasi belajar siswa SMP Kecamatan Blora, yang dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung (2,683) dengan nilai signifikan sebesar 0,008 <0,05, dengan demikian semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua siswa SMP Kecamatan Blora, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa; (3) Variabel kesempatan belajar mempunyai dampak positif terhadap motivasi belajar siswa SMP Kecamatan Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (10,772) dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, dengan demikian semakin besar kesempatan belajar, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa; (4) Variabel aktivitas berorganisasi mempunyai dampak positif terhadap motivasi belajar siswa SMP Kecamatan Blora, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (3,708) dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, dengan demikian semakin tinggi aktivitas berorganisasi, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa..
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat pendidikan orang tua, kesempatan belajar, aktivitas berorganisasi, dan motivasi belaja |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Sep 2010 08:27 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 15:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8618 |
Actions (login required)
View Item |