STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DENGAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 GEYER KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010

SETYOWATI , DWI (2010) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION DENGAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 GEYER KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060012.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
A210060012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar akuntansi kelas XI IPS1 dengan menggunakan metode contextual teaching learning dan menggunakan metode group investigation di kelas XI IPS2 di SMA Negeri 1 Geyer Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk membandingkan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode contextual teaching learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode group investigation pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang anggotanya merupakan seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Geyer Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 85 orang. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan reliabilitas angket menggunakan Kuder Richardson 20 (KR-20), uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene Test. Metode pengumpulan data dengan metode tes, sedangkan dokumentasi, observasi dan angket digunakan sebagai pendukung atas data yang telah diperoleh. Analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah uji t atau independent sample test untuk mengetahui signifikansi perbedaan prestasi belajar akuntansi antara kelas yang diberi perlakuan metode contextual teaching learning dengan kelas yang diberi perlakuan metode group investigation. Dari hasil penelitian diperoleh thitung (4,680) lebih besar daripada ttabel (1,992) dengan signifikansi kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dengan menggunakan metode contextual teaching learning lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Geyer Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching learning, group investigation, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:51
Last Modified: 14 Nov 2010 15:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item