Romadhona, Nurul Ayu and -, Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia (Kajian Sosiologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (932kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (622kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan struktur pembangun novel Pesantren Impian karya Asma Nadia dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu metode yang tidak menggunakan angka numerik tetapi dengan mengumpulkan data-data berupa kata-kata dan gambar. Hasil peneltian pada penelitian ini adalah peneliti menemukan struktur pembangun berupa (1) Alur, alur novel Pesantren Impian adalah alur campuran krena menceritakan konflik pada awal cerita. (2) Tema, tema novel Pesantren Impian adalah cinta, teka-teki dan kematian. (3) Tokoh, tokoh yang terdapat dalam novel Pesantren Impian adalah Si Gadis, Umar, Tengku Hasan, Rini, Inong, Sissy, Paklik Kusno dan Mas Bagus. (4) Latar, latar yang digambarkan pada penelitian ini adalah Pesantren Impian yang terletak di pulau Aceh. (5) Gaya Bahasa, gaya bahasa yang ditampilkan penulis adalah hiperbola, personifikasi dan metafora. (6) Sudut pandang, sudut pandang cerita ini menggunakan sudut pandang orang ketiga. (7) Amanat, amanat yang terkandung dalam cerita ini adalah hargai masa waktu mudamu. Selain struktur pembangun novel peneliti juga menganalisis nilai-nilai karakter novel Pesantren Impian berikut hasilnya. Dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia terdapat 24 kutipan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: Nilai religi (4 kutipan), Nilai mandiri (1 kutipan), Nilai gotong royong (2 kutipan), Nilai jujur ( 2 kutipan), Nilai disiplin (1 kutipan), Nilai kerja keras (3 kutipan), Nilai rasa ingin tahu (2 kutipan), Nilai bersahabat (3 kutipan), Nilai peduli sosial (5 kutipan ), Nilai tanggung jawab (1 kutipan).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai pendidikan karakter, novel Pesantren Impian karya Asma Nadia, struktur pembangun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | NURUL AYU ROMADHONA |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 06:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 06:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85981 |
Actions (login required)
View Item |