Analisis Kritik Sosial Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye: Tinjauan Semiotika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Harmadani, Erfira and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. and , Laili Etika Rahmawati, S.Pd., M.Pd (2020) Analisis Kritik Sosial Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye: Tinjauan Semiotika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
revisi naskah Erfira H-A3101160163-111.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan f.pdf

Download (772kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV f.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi karya ilmiah Firaharmadani@gmail.com.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Si Anak Badai karya Tere Liye, (2) mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye dengan tinjauan Semiotika, (3) mendeskripsikan implementasinya novel Si Anak Badai karya Tere Liye dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah kritik sosial dalam novel Si Anak Badai. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data dilakukan dengan model pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur novel Si Anak Badai antara lain, Tema adalah tentang persahabatan dan perjuangan sekelompok anak kelas 6 SD yang ingin mempertahankan keberadaan Kampung Manowa, tanah kelahiran mereka. Fakta cerita, a) alur yang digunakan adalah alur maju, b) tokoh utama adalah Zaenal, c) latar tempat naskah ini adalah di kampung Manowa di pulau Kalimantan, latar waktu terjadi antara periode 2000-an, latar sosial mengangkat kehidupan sebuah perkampungan di pesisir laut yang bernama kampung Manowa, (2) kritik sosial novel Si Anak Badai temukan tiga bidang kritik sosial, (a) bidang budaya yaitu kepercayaan dan seni, (b) lingkungan hidup meliputi hubungan sosial dan profesi, dan (c) bidang ekonomi yaitu konsumsi dan gaya hidup, (3) penelitian ini sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar yaitu a) aspek bahasa, b) aspek psikologi, c) aspek latar belakang siswa sehingga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XI sesuai dengan KD 3.11 menganalisis pesan dari buku fiksi yang dibaca. Kata Kunci: novel Si Anak Badai, kritik sosial, semiotika, implementasi sebagai bahan ajar SMA Abstract This study aims to (1) describe the structure that builds the novel Si Anak Badai by Tere Liye, (2) describe social criticism in the novel Si Anak Badai by Tere Liye with a semiotic review, (3) describe the implementation of the novel Si Anak Badai by Tere Liye with literature learning in high school. This research uses descriptive qualitative method with the object of research is social criticism in the novel Si Anak Badai. Data collection was done by using library techniques, listening, and taking notes. The validity of the data used theoretical triangulation techniques. The data analysis technique was carried out by using semiotic reading methods, namely heuristic and hermeneutic readings. The results of this study are (1) the structure of the novel Si Anak Badai, among others, the theme is about the friendship and struggle of a group of 6 grade elementary school children who want to maintain the existence of Kampung Manowa, their homeland. The facts of the story, a) the plot used is the progressive plot, b) the main character is Zaenal, c) the setting where this script is in Manowa village on the island of Borneo, the time setting occurs between the 2000s, the social setting elevates the life of a village on the coast sea named Manowa village, (2) social criticism of the novel Si Anak Badai found three areas of social criticism, (a) the cultural sector, namely belief and art, (b) the environment includes social and professional relations, and (c) the economic sector, namely consumption. and lifestyle, (3) this research is in accordance with the criteria for selecting teaching materials, namely a) language aspects, b) psychological aspects, c) student background aspects so that it can be implemented as teaching materials in high school class XI according to KD 3.11 analyzing messages from books fiction read. Keywords: Si Anak Badai novel, social criticism, semiotics, implementation as high school teaching materials

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: novel Si Anak Badai, kritik sosial, semiotika,
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: ERFIRA HARMADANI
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:36
Last Modified: 17 Sep 2020 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85978

Actions (login required)

View Item View Item