PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN KREDIT DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT. BPR ARTHA DAYA CABANG PALUR KARANGANYAR TAHUN 2009

SARI , TRI PINDA PUSPITO (2010) PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN KREDIT DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT. BPR ARTHA DAYA CABANG PALUR KARANGANYAR TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210050129.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
A210050129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh kualitas jasa pelayanan kredit terhadap kepuasan nasabah pada PT.BPR Artha Daya cabang Palur, 2) pengaruh diversifikasi produk terhadap kepuasan konsumen pada PT.BPR Artha Daya cabang Palur, 3) pengaruh kualitas jasa pelayanan kredit terhadap diverdifikasi produk pada PT.BPR Artha Daya cabang Palur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah sebanyak 500 nasabah dengan sampel yang digunakan sebesar 125 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R , serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi : Y = 2,331 + 0,699.X + 0,312.X . Persamaan menunjukkan bahwa kepuasan nasabah dipengaruhi oleh kualitas jasa pelayanan kredit dan diversifikasi produk.Uji koefisien determinasi memperoleh nilai R sebesar 0,659 menunjukkan bahwa kualitas jasa pelayanan dan diversifikasi produk berpengaruh terhadap kepuaasan nasabah sebesar 65,9% sedangkan sisanya sekitar 34,1% dijelaskan oleh variabel lain tidak diteliti. Berdasarkan hasil di atas, maka diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) Kualitas jasa pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t X = 8,766 lebih besar dari t (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (2) Diversifikasi produk berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t X = 4,856 lebih besar dari t (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (3) Kualitas jasa pelayanan dan diversifikasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh F sebesar 117,829 lebih besar dari F (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4)Kualitas jasa pelayanan memberikan sumbangan relatif sebesar 67,6% dan sumbangan efektif 44,5% terhadap kepuasan nasabah Diversifikasi produk memberikan sumbangan relatif sebesar 32,4% dan sumbangan efektif 21,4% terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Jasa Pelayanan Kredit, Diversifikasi Produk, dan Kepuasan Nasabah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 08:23
Last Modified: 14 Nov 2010 16:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item