KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA FKIP AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006

EKASARI , NOERMANITA (2010) KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA FKIP AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210050126.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A210050126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) besarnya kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Biaya; 2) besarnya kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Biaya; 3) besarnya kontribusi disiplin belajar dan minat belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar Akuntansi Biaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2006 yang berjumlah 150 orang mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan persamaan garis regresi: Y = 2,434 + 0,122.X1 + 0,153.X2. Artinya hasil belajar Akuntansi Biaya dipengaruhi oleh disiplin belajar dan minat belajar. Berdasarkan persamaan tersebut diatas dapat dijelaskan bahwa: 1) Disiplin belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar akuntansi biaya sebesar 0,122 dari setiap kenaikan satu satuan nilai disiplin belajar 2) Minat belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar akuntansi biaya sebesar 0,153 dari setiap kenaikan satu satuan nilai minat belajar 3) Disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama memberi kontribusi terhadap hasil belajar akuntansi biaya. Hal ini terbukti dari perhitungan sumbangan efektif yaitu sebesar 54,9%. Dimana minat belajar memberi kontribusi yang lebih besar terhadap hasil belajar mahasiswa daripada disiplin belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, minat belajar, hasil belajar Akuntansi Biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 08:19
Last Modified: 14 Nov 2010 16:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item View Item