IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE APPROACH BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

KURNIATIN , SRI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE APPROACH BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060114.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
A420060114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2009/2010 dengan implementasi pembelajaran pictorial riddle approach berbasis problem solving. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan pemberian tes di setiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan pictorial riddle approach dengan siswa diberi permasalahan berupa teka-teki gambar untuk dipecahkan secara berkelompok dengan diskusi melalui metode problem solving. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan). Untuk data yang diperoleh dari nilai awal, tes siklus I, II, III dan data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I ranah kognitif: 60,62 atau meningkat sebesar 9,84 dari nilai awal dan ranah afektif: 32,9 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus II ranah kognitif: 67,65 atau meningkat sebesar 7,03 dari nilai siklus I ranah afektif: 36,8 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III ranah kognitif: 80,15 atau meningkat sebesar 12,5 dari siklus II ranah afektif: 41,8 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pictorial riddle approach berbasis problem solving meningkatkan pemahaman siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, hasil belajar, pembelajaran pictorial riddle approach berbasis problem solving, sistem gerak pada manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2010 03:07
Last Modified: 14 Nov 2010 16:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item