EFEKTIVITAS MENDENGAR CERITA FIKSI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL ANAK

Maula, Nur Athiatul (2008) EFEKTIVITAS MENDENGAR CERITA FIKSI TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040240.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
F100040240.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

dengan pembentukan ide melalui kata-kata, serta mengarahkan fokus permasalahan pada penguasaan bahasa atau kata-kata, yang akan menentukan jelas tidaknya pengertian mengenai ide yang disampaikan. Kreativitas verbal anak kurang berkembang, hal ini dikarenakan sistem pendidikan yang senantiasa bergantung pada pendidik, selain itu karena pengajaran disekolah dasar terlalu menekankan pada penyelesaian tugas-tugas yang mengharuskan siswa mencari satu jawaban benar (berpikir konvergen), sementara kemampuan berpikir divergen atau kreatif, yaitu menjajaki berbagai kemungkinan jawaban atas suatu masalah jarang diperhatikan. Hal tersebut menyebabkan kemampuan kreativitas anak menurun. Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas verbal anak ialah dengan kegiatan mendongeng atau mendengarkan cerita fiksi yaitu kegiatan menangkap cerita dengan telinga, dimana ceritanya berisi tentang peristiwa-peristiwa yang didasarkan pada angan-angan atau fantasi, bukan berdasarkan fakta atau kejadian yang sesungguhnya, hanya berdasarkan rekaan pengarang saja. Melalui kegiatan ini anak dapat mengembangkan daya imajinasi, mengembangkan perbendaharaan kata, menyampaikan ide atau gagasan-gagasan yang orisinal, selain itu juga dapat merangsang anak berpikir kritis, imajinatif, dan kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari mendengar cerita fiksi dalam meningkatkan kreativitas verbal anak. Hipotesis yang diajukan ialah mendengar cerita fiksi dapat meningkatkan kreativitas verbal anak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 5 yang berasal dari SD Negeri II Panembahan dan SD Negeri III Panembahan Cirebon, yang telah diseleksi menggunakan tes kreativitas verbal dan memiliki skor dengan kategori rendah. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan alat tes kreativitas verbal (TKV). Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar Z = -2,886, dengan p = 0,003 (p < 0,05). Nilai rata-rata posttest kreativitas verbal pada kelompok eksperimen = 14,30, nilai rata-rata posttest kreativitas verbal pada kelompok kontrol = 6,70. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata posttest kreativitas verbal pada kedua kelompok. Perbedaan tersebut signifikan karena nilai taraf signifikansi p = 0,003 (p < 0,05). Artinya kegiatan mendengar cerita fiksi efektif untuk meningkatkan kreativitas verbal anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mendengar cerita fiksi, kreativitas verbal anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2009 05:25
Last Modified: 24 Feb 2011 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item