PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

HANDAYANI, DWI AKTI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060067.pdf

Download (601kB)
[img] PDF
A420060067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode diskusi. Data hasil belajar biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi,dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan review. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 53,71. Dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 64,57. Siklus II 67,14 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 71,43. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan pendekatan kontextual (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatn dari siklus I sebesar 21,51(siswa kurang berminat), siklus II sebesar 30,74(siswa cukup berminat), siklus III sebesar 40,5 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 sawit Tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,51 point atau 51%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontextual (CTL), hasil belajar Biologi Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 07:27
Last Modified: 14 Nov 2010 16:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

View Item View Item