Kusyono , Ari (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN PENGGUNAAN MACRO MEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 POLANHARJO KLATEN TA 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420060040.pdf Download (104kB) |
|
PDF
A420060040.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran Card sort merupakan salah satu pembelajaran yang mampu melibatkan seluruh kemampuan diri setiap siswa. Dalam penelitian melalui penerapan strategi pembelajaran Card sort dengan penggunaan Macromedia flash yaitu model pembelajaran dan masing-masing anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan hasil presentasi dan pemikiran anggota lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VII SMPN 3 Polanharjo Klaten 2009/2010 dengan penerapan strategi pembelajaran Card sort dan penggunaan media pembelajaran Macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan data diperoleh dari pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, test, dokumentasi dan hasil belajar. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B SMPN 3 Polanharjo pada materi saling ketergantungan dalam Ekosistem yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan Strategi pembelajaran Card sort dengan penggunaan Macromedia flash untuk peningkatan hasil belajar siswa dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan nilai ratar-rata 4,53 setelah dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata siklus I 6, pada siklus II didapatkan rata-rata 7,24, sedang pada siklus III rata-rata 8,34. Kondisi siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada aspek afektif siklus I didapatkan rata-rata 66,6%, siklus II didapatkan rata-rata 79,8% dan siklus III dengan rata-rata 90,6%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card sort dengan penggunaan Macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Polanharjo Klaten tahun pelajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Afektif , Card sort, Macromedia flash. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2010 02:41 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8543 |
Actions (login required)
View Item |