UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SIMO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PREHATIN, BEKTI (2010) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SIMO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050031.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A420050031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 2 Simo dengan menggunakan alat peraga. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 2 Simo yang berjumlah 35 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru Biologi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentas,. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran biologi siswa. Sebelum tindakan rata-rata kualitas belajar siswa 59,29, pada putaran I 71,43 putaran II 81,29. Kemampuan bertanya sebelum tindakan 6%, putaran I 20%, dan putaran II 37,1%. Kemampuan bekerjasama sebelum tindakan tidak diamati, putaran I 68%,dan putaran II 77%. Kemampuan menjawab sebelum tindakan tidak diamati, putaran I 42,8%, dan putaran II 55%. Memperhatikan guru saat mengajar sebelum penelitian tidak diamati, putaran I 87,5% dan putaran II 97,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas belajar, Pembelajaran Biologi, Alat Peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 08:52
Last Modified: 14 Nov 2010 16:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item