KARMIN , ERNA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060279.pdf Download (129kB) |
|
PDF
A310060279.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dengan teknik SQ3R ( Survey, Question, Read, Recite, Review ), untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Gatak Sukoharjo. Objek penelitian ini adalah guru dan siswa. Selain itu juga aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII G SMP Negeri I Gatak Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi langsung. Tes dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur pemahaman membaca siswa dengan melakukan teknik SQ3R dan siklus kedua untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahan setelah siklus pertama. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru Bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan.Obsevasi lagsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan pembelajaran dengan teknik SQ3R dapat berjalan dengan lancar. Setelah guru membantu siswa dalam menerapkan langkah-langkah yang terdapat pada teknik SQ3R. Berkat bantuan dan bimbingan guru, kemampuan pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh siswa yang semula nilai rata-rata pada siklus pertama 5,4 menjadi 7,1 pada siklus kedua. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R adalah adanya perhatian siswa ketika menerima perintah dari guru yaitu keseriusan dalam melaksanakan tahap-tahap SQ3R. Selain itu karena adanya pengecekan oleh guru pada saat melaksanakan tahap-tahap SQ3R, jadi tingkat kesalahan yang dilakukan sedikit. Hal ini membuktikan bahwa adanya tanggapan siswa yang cukup baik pada waktu menerapkan metode membaca dengan teknik SQ3R. Dengan demikian situasi pembelajaran menjadi lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SQ3R, Membaca, Memahami, Teks, Argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2010 05:25 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8505 |
Actions (login required)
View Item |