HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH DAN KECEMASAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN I SALATIGA

Sumardi, Agus (2008) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DI SEKOLAH DAN KECEMASAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN I SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100020110.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
F100020110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Banyak persoalan yang dapat mempengaruhi proses belajarnya pada siswa, diantaranya yaitu penyesuaian di sekolah dan kecemasan. Terhambatnya penyesuaian sosial di sekolah dan kecemasan yang dialami siswa dapat berakibat penurunan konsentrasi, perhatian mudah beralih ke objek yang tidak relevan, penurunan daya ingat, dan penurunan kemampuan individu untuk mempelajari hal baru. Keadaan tersebut jelas akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui : 1) ada tidaknya hubungan antara penyesuaian sosial di sekolah dan kecemasan dengan prestasi belajar; 2) hubungan antara penyesuaian sosial di sekolah dengan prestasi belajar; 3) hubungan antara kecemasan dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan sebagai berikut: 1) Mayor: Ada hubungan antara penyesuaian sosial di sekolah dan kecemasan dengan prestasi belajar. 2) Hipotesis Minor (a) Ada hubungan positif antara penyesuaian sosial di sekolah dengan prestasi belajar (b) Ada hubungan negatif antara kecemasan dengan prestasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X D dan kelas X E MAN I Salatiga yang berjumlah 85 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penentuan subjek penelitian yaitu cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala kecemasan dan skala penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi nilai korelasi R = 0,563, Fregresi = 19,032; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara penyesuaian sosial dan kecemasan dengan prestasi belajar. Hasil analisis korelasi rpar-x1y = 0,434 dengan p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penyesuaian sosial dengan prestasi belajar. Hasil analisis korelasi rpar-x2y = –0,410 dengan p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecemasan dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar = 17,867% dan sumbangan efektif kecemasan terhadap prestasi belajar = 13,836%. Total sumbangan efektif = 31,703% Hasil analisis diketahui penyesuaian sosial pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik = 94,118 dan rerata hipotetik sebesar 90. Kecemasan pada subjek penelitian tergolong rendah ditunjukkan oleh rerata empirik = 64,882 dan rerata hipotetik 95. Prestasi belajar pada subjek penelitian tergolong sedang, yang ditunjukkan oleh rerata empirik = 6,753. Hasil kesimpulan ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penyesuaian sosial dengan prestasi belajar dan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecemasan dengan prestasi belajar, dengan demikian variabel penyesuaian sosial dan variabel kecemasan dapat digunakan sebagai prediktor atau variabel bebas untuk memprediksikan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian sosial, kecemasan, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2009 03:49
Last Modified: 24 Feb 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item