PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ASTUTI, RITA FITRI (2010) PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060203.pdf

Download (171kB)
[img] PDF
A310060203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tujuan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Batik 2 Surakarta, (2) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Batik 2 Surakarta, (3) mendeskripsikan strategi pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Batik 2 Surakarta, (4) mendeskrisikan kendala-kendala dan upaya guru dalam pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif yang mengambil lokasi di SMA Batik 2 Surakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampling untuk lebih memfokuskan penelitian. Sumber data diperoleh dari dokumen, informan, obsevasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumen, observasi, wawancara. Dalam penelitian ini, validitas data dilakukan melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Tujuan pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Batik 2 Surakarta meliputi tiga aspek yaitu: (a) aspek pengetahuan; (b) aspek pemahaman; dan (c) aspek penggunaan bahasa. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru mulai dari mengembangkan silabus, menyusun RPP sudah sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran apresiasi puisi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang meliputi tujuh komponen yaitu: (a) konstruktivisme; (b) bertanya; (c) menerapkan; (d) belajar dengan bermasyarakat; (e) permodelan; (f) refleksi; dan (g) penilaian. Kendala-kendala yaitu: (a) alokasi waktu sangat terbatas; (b) siswa pasif. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut berdasarkan hasil wawancara dan temuan di lapangan dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (a) kendala yang disebabkan oleh alokasi waktu yang sangat terbatas guru menyiasatinya dengan menyarankan kepada siswa untuk menyukai dan membaca buku-buku sastra baik di perpustakaan atau di tempat umum; (b) kendala yang disebabkan karena siswa pasif dengan memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Apresiasi Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 02:43
Last Modified: 14 Nov 2010 17:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item