Saefi,, Mahmud (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN VAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 CILACAP. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
S200070115.pdf Download (164kB) |
|
PDF
S200070115.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran sastra pada jenjang sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah lebih ditekankan pada kemampuan siswa mengapresiasi sastra Indonesia. Dengan kemampuan mengapresiasi sastra Indonesia diharapkan siswa mampu menikmati hasil karya bangsa sendiri, memperoleh manfaat dari upaya memahami dan menikmati karya sastra yang dibacanya hingga pada akhirnya siswa mampu menciptakan karya sendiri, namun pada kenyataannya kemampuan apresiasi puisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Cilacap masih rendah. Kondisi awal sebelum dilakukan penelitian tindakan nilai rata-rata kompetensi siswa dalam mengapresiasi puisi baru mencapai 68.75. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi apresiasi dan meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran apresiasi puisi menggunakan pendekatan VAK (Visual-Auditori-Kinestetik) pada siswa kelas VIID SMP Negeri 5 Cilacap tahun 2009/2010. Jenis Penelitian ini adalah Clasroom Action Research dengan menggunakan model Elliots. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masingmasing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing), tindakan(acting) pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VII D sejumlah 24 siswa, yang terdiri dari laki-laki 11 siswa perempuan 13 siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas VII D SMP Negeri 5 Cilacap. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Untuk memvalidasi data digunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode pengumpulan data serta review informan kunci melalui kegiatan diskusi antara peneliti, kolaborator dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan VAK cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Hal ini tampak dari peningkatan keaktifan dan peningkatan kompetensi siswa. Peningkatan keaktifan siswa siklus I, II dan III berangsur-angsur meningkat dari rata-rata 70.16%, meningkat 6.92% menjadi 77.08%, dan meningkat lagi 16.86% menjadi 87.45%. Peningkatan kompetensi kognetif dari kondisi awal rata-rata sebesar 68.75, pada siklus I meningkat 2.92 menjadi 71.67, pada siklus II meningkat 2.91 menjadi 74.58, dan pada siklus III meningkat sebesar 6.62 menjadi 78.33. Peningkatan kompetensi afektif terjadi dari nilai rata-rata 73.06 pada siklus I meningkat sebesar 1.93 menjadi 74.99 pada siklus II, dan meningkat lagi sebesar 4.33 menjadi 79.32 pada siklus III. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I sebesar 41.67% meningkat 8.33% menjadi 50% pada siklus II, dan pada siklus III meningkat sebesar 41.67% menjadi 91.67%.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, apresiasi puisi, pendekatan VAK. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Aug 2010 09:03 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 17:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8473 |
Actions (login required)
View Item |