IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI

RAHMAWATI , DYAH ANISA (2010) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060136.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
A310060136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik di televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Data penelitian mencakup semua percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi yang mengandung implikatur percakapan dan daya pragmatik. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual untuk menganalisis implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi dan metode padan ekstralingual untuk menganalisis maksud atau tujuan yang terkandung dalam implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi . Penyajian hasil data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: (1) ditemukan dua bentuk implikatur percakapan, yang pertama implikatur percakapan bentuk direktif ada enam dan yang kedua adalah implikatur percakapan deklaratif menginformasikan atau memberitahukan ada enam data. (2) Implikatur percakapan yang terjadi ada dua jenis yakni menurut tekniknya, yakni teknik tersurat ada 11 data, dan teknik tersirat ada 1 data, dan berdasarkan strateginya, strategi langsung ada 6 data, dan strategi taklangsung ada 6 data. (3) Daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik semuanya mengarah pada pengaruh menggoda pembeli/konsumen untuk membeli serta menggunakan produk kosmetik yang ditawarkan pengiklan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implikatur percakapan, daya pragmatik, iklan produk kosmetik di televisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 08:02
Last Modified: 14 Nov 2010 17:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8460

Actions (login required)

View Item View Item