TEKS WAWANCARA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

NUGRAHENI, RATRI (2010) TEKS WAWANCARA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060082.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
A310060082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan quantum learning dalam pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan teknik wawancara pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Mendeskripsikan peningkatan ketrampilan menulis melalui pendekatan quantum learning dalam pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan teknik wawancara pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010 setelah mendapatkan pembelajaran menulis narasi melalui teknik wawancara melalui pendekatan quantum learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 mulai bulan Desember 2009 sampai Maret 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII pada semester 2. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukan pada evaluasi berdasarkan tindakan kelas, yaitu pembelajaran yang biasa saja menjadi pembelajaran yang menarik, sehingga peserta didik menjadi aktif dan terjadi interaksi antar peserta didik. 2) Pembelajaran dengan metode quantum learning dalam kelompok meningkatkan kemampuan, keativitas, dan keaktifan peserta didik secara berarti. Hal ini ditunjukan oleh hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian dan tanggapan guru kelas setelah rangkaian tindakan selesai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teks wawancara, menulis narasi, dan quantum learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 04:58
Last Modified: 14 Nov 2010 17:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item