PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI. IPA-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/ 2010

SOFFALINA, YULIA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI. IPA-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060057.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A310060057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI.IPA-1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meresensi buku, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas XI.IPA-1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan hasil menulis resensi buku dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI.IPA-1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang kemampuan dalam penulisan suatu resensi, dan (2) peningkatan keterampilan dalam menulis resensi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) siswa mampu menulis resensi buku dengan baik sesuai prinsip-prinsip dalam meresensi, (2) peningkatan keterampilan menulis resensi buku setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65. Rata-rata hasil siswa dalam menulis resensi buku pada siklus I 58,5 dan pada siklus II mencapai 70,78. Hasil keterampilan menulis resensi pada siklus I 44,79% sedangkan pada siklus II 58,34%, dari hasil tersebut ada peningkatan keterampilan dalam menulis resensi sebesar 13,55%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Resensi buku, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 09:45
Last Modified: 14 Nov 2010 17:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item View Item