ROHMAWATI , EKA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS IX H SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310060056.pdf Download (34kB) |
|
PDF
A310060056.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan penggunaan teknik latihan berjenjang dalam menulis teks pidato; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks pidato siswa kelas IX H dengan menggunakan teknik latihan berjenjang; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX H terhadap pembelajaran menulis setelah mengikuti pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan teknik latihan berjenjang. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang diharapkan mampu menulis dan memahami dengan baik teks pidato dengan menggunakan teknik latihan berjenjang, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan serangkaian proses atau peristiwa yang terjadi saat pembelajaran menulis teks pidato di kelas. Data pada penelitian ini adalah (1) penggunaan teknik latihan berjenjang dalam menulis teks pidato; (2) peningkatan keterampilan menulis teks pidato siswa sebelum menggunakan teknik latihan berjenjang dan sesudah menggunakan teknik latihan berjenjang; (3) perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan teknik latihan berjenjang. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) tes; (2) observasi; (3) wawancara; (4) catat lapangan; (5) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi; (5) evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan teknik latihan berjenjang dilaksanakan secara bertahap yang diawali dengan tahap yang paling mudah sampai pada tahap yang paling sulit dalam menulis teks pidato;(2) teknik latihan berjenjang dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pidato siswa kelas IX H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai 70,20; (3) siswa kelas IX H memperlihatkan perubahan perilaku dalam menerima materi selama proses pembelajaran siswa semakin berminat terhadap pembelajaran menulis teks pidato dalam menerima materi siswa mulai fokus dan mulai aktif bertanya dan semakin bersemangat saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis teks pidato, teknik latihan berjenjang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 09:33 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 17:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8438 |
Actions (login required)
View Item |