PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kausal Komparatif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun 2010)

SHOLIHAH, MAR’ATUS (2010) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kausal Komparatif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060284.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
A410060284.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menguji dan menganalisa pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika; 2) menguji dan menganalisa pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakan sekolah terhadap prestasi belajar matematika; 3) menguji dan menganalisa pengaruh bersama antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa yang diambil secara sampling sistematis dari seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 168 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji independen dan uji linieritas. Hasil analisis disimpulkan bahwa: ada pengaruh dari kemandirian belajar hal ini dapat di lihat dari sumbangannya sebesar 72% sedangkan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah memberi sumbangan 1%(tidak berpengaruh) terhadap prestasi belajar matemátika, ada pengaruh bersama antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap peningkatan prestasi belajar matemátika dengan sumbangan sebesar 73%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 05:29
Last Modified: 14 Nov 2010 17:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8413

Actions (login required)

View Item View Item