PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT KELAS VII MTs Negeri Susukan Tahun 2009/2010

AISIYAH , SITI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT KELAS VII MTs Negeri Susukan Tahun 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060278.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A410060278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang menerima tindakan adalah siswa kelas VII D MTs Negeri Susukan tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi dengan penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek: 1) siswa yang memiliki perhatian atau antusias saat guru memberi penjelasan materi sebelum diadakan tindakan sebesar 41,67% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 91,67%, 2) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 2,78% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 38,89%, 3) Siswa mengerjakan PR sebelum diadakan tindakan sebesar 0% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 94,44%, 4) Siswa mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 0% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 36,11%, 5) Siswa menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 8,33% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 41,67%, 6) Siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 2,78% dan sesudah diadakan tindakan meningkat menjadi 44,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan pemberian reward dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share (TPS), reward, motivasi belajar siswa, keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 05:26
Last Modified: 14 Nov 2010 17:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item