PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta)

FITRIANA, SINTA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060258.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
A410060258.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, (2) peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan segiempat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran cooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mampu dalam mengkonstrusikan soal cerita ke dalam model matematika sebelum tindakan sebesar 60,71%, dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 2) tepat dalam menggunakan rumus sebelum tindakan sebesar 28,57 % dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 3) tepat dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum tindakan sebesar 14,28% dan di akhir tindakan mencapai 82,14%, serta 4) tepat dalam menginterpretasikan hasil jawaban ke masalah nyata sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 60,71%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari banyak siswa yang mencapai KKM ≥ 55 sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan menyelesaikan soal cerita, hasil belajar dan cooperatif tipe CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:56
Last Modified: 14 Nov 2010 18:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item View Item