PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI (PTK pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri I Juwiring Tahun Ajaran 2009/2010)

INDRASWATI, NANIK CANDRA DEWI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI (PTK pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri I Juwiring Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060243.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
A410060243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa pada materi persegi dan persegi panjang setelah dilaksanakan pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP N 1 Juwiring Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 39 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan geometri (persegi dan persegi panjang). Hal ini dapat dilihat dari 1. Kemampuan siswa dalam hafalan sebelum dilakukan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 51,28% meningkat menjadi 89,74%, 2. Kemampuan siswa dalam memahami materi maupun soal matematika sebelum dilakukan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 43,58% meningkat menjadi 82,05%,3. Kemampuan siswa dalam menggunakan konsep untuk memecahkan masalah sebelum dilakukan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 23,07% meningkat menjadi 82,05%, 4. Kemampuan siswa mengerjakan soal dengan benar secara keseluruhan sebelum dilakukan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 0% meningkat menjadi 35,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, learning cycle “5E
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 02:17
Last Modified: 14 Nov 2010 18:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item