PENGGUNAAN STRATEGI GUIDE NOTE-TAKING DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKAT KAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP KUBUS DAN BALOK (PTK pada Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2009/2010)

FATMAWATI, DANI (2010) PENGGUNAAN STRATEGI GUIDE NOTE-TAKING DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKAT KAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP KUBUS DAN BALOK (PTK pada Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060240.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A410060240.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika melalui strategi guide note-taking dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-G yang berjumlah 37 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII-G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan minat belajar siswa yang meliputi aspek: a) kesadaran siswa dalam belajar dari sebelum tindakan 16% dan di akhir tindakan menjadi 70%, b) kemauan siswa dalam belajar dari sebelum tindakan 11% dan di akhir tindakan 70%, c) perhatian siswa dalam belajar dari sebelum tindakan 11 % dan di akhir tindakan menjadi 81% dan d) perasaan senang siswa dalam belajar dari sebelum tindakan 11% dan di akhir tindakan menjadi 78% serta 2) adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang meliputi aspek: a) kemampuan siswa untuk mendefinisikan suatu konsep dari sebelum tindakan 16% dan di akhir tindakan menjadi 70%, b) kemampuan untuk mnegekspresikan suatu konsep termasuk contoh atau bukan dari sebelum tindakan 14% dan di akhir tindakan menjadi 65 % dan c) kemampuan memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep tersebut dari sebelum tindakan 14% dan di akhir tindakan menjadi 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi guide note-taking dengan mengoptimalkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat-belajar, pemahaman-konsep, guide-note-taking, alat-peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 02:05
Last Modified: 14 Nov 2010 18:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item