PEMAKAIAN SINGKATAN PADA PAPAN REKLAME NAMA TOKO DI DAERAH SURAKARTA

SARI, ANGGRAINI INTAN (2011) PEMAKAIAN SINGKATAN PADA PAPAN REKLAME NAMA TOKO DI DAERAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pola singkatan yang terdapat pada papan reklame nama toko di daerah Surakarta, (2) mendeskripsikan struktur wacana papan reklame nama toko di daerah Surakarta, (3) mengungkapkan alasan pemilik toko menyingkat nama toko pada papan reklame nama toko di daerah Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, rekam, foto, simak dan mencatat, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kualitatif serta dianalisis dengan metode agih dan metode padan. Metode agih adalah metode analisis yang alat penentunya ada. Teknik yang digunakan pada metode agih yaitu teknik Parafrase. Teknik Parafrase digunakan untuk menganalisis pola singkatan dan struktur wacana. Metode padan adalah alat penentunya di luar, terlepas, dan tidak menjadi bagian dan bahasa (lingual) yang yang bersangkutan. Dalam metode padan ini digunakan teknik pragmatis untuk menganalisis alasan pemilik menyingkat nama toko. Hasil penelitian ini adalah (1) pola singkatan yang terdapat pada papan reklame nama toko di daerah Surakarta ada 8 pola singkatan yaitu pola singkatan K, VV, VK, KV, KK, KKK, KVK, KVKK. (2) struktur wacana papan reklame nama toko di daerah Surakata terdapat 16 struktur yaitu nama toko, nama toko-informasi pokok, nama toko-informasi pokok-alamat, informasi pokok-nama toko-informasi pokok-alamat, nama toko-informasi pokok-harga, fasilitas-nama toko-informasi pokok-harga, nama toko-informasi pokok- telepon, fasilitas-nama toko-alamat, fasailitas-nama toko-informasi pokok, nama toko-fasilitas-informasi pokok-telepon, fasilitas-harga-fasilitas-telepon-nama toko-informasi pokok, nama toko-fasilitas-informasi pokok-harga, informasi pokok-nama toko-fasilitas-telepon-alamat, fasilitas-nama toko-informasi pokok-alamat-telepon-informasi pokok-harga, nama toko-informasi pokok-alamat-telepon, fasilitas-nama toko-alamat-nomor telepon-fasilitas-informasi pokok. (3) Alasan pemilik menyingkat nama toko di daerah Surakarta ada 9 alasan yaitu agar lebih gaul, lebih singkat dan mudah diingat, orang penasaran dan beda dengan yang lain, enak dibaca, didengar dan lebih simpel, inisial dari nama anaknya, lebih unik, nama penggilan atau nama akrabnya, lebih cocok, agar berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nama toko, pola singkatan, dan struktur wacana.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 05:53
Last Modified: 22 Jul 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item