PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING DENGAN PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII semester II SMP Negeri 2 Trucuk, Klaten)

WIDOWATI, ARMETA SEPTIAN (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING DENGAN PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII semester II SMP Negeri 2 Trucuk, Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060157.pdf

Download (492kB)
[img] PDF
A410060157.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi siswa pada pokok bahasan segi empat dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII F SMP Negeri 2 Trucuk dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa – siswa kelas VII F yang berjumlah 38 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang di lakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan transformasi data kasar yang mungkin dari catatan tertulis di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: 1) Peningkatan kreativitas siswa yang meliputi: a) peningkatan kreativitas siswa dalam menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebanyak 8 siswa (21%) sebelum tindakan,10 siswa (27,8%) pada putaran I, 15 siswa (40,5%) pada putaran II, 20 siswa (54%) pada putaran III. b) siswa yang mempunyai ide dalam menyelesaikan masalah sebanyak 10 siswa (26,3%), 13 siswa (36%) pada putaran I, 14 siswa (37,8%) pada putaran II, 18 siswa (48,6%) pada putaran III. c) siswa yang megemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebanyak 12 siswa (31,5%), 15 siswa ( 41,6%) pada putaran I, 18 siswa (48,6%) pada putaran II, 21 siswa (56,7%) pada putaran III. 2) peningkatan prestasi belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar hanya mencapai daya serap sebanyak 20 siswa (52,6%), pada putaran I sebanyak 23 siswa (63,8%), pada putaran II sebanyak 30 siswa (81%), sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai 34 siswa (91,8%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui strategi snowball throwing dengan peta konsep dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: snowball_ throwing, kreativitas_belajar, peta_konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:30
Last Modified: 14 Nov 2010 18:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8372

Actions (login required)

View Item View Item