PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit Boyolali)

WIDAGDO, CANDRA SAKTI NURWACHID (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060151.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
A410060151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada segi empat dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari a. keaktifan siswa dalam: 1) mampu mengemukakan pendapat setiap putaran meningkat dari Sebelum Putaran (26,47%), putaran I (41,17%), putaran II (55,88%) dan putaran III meningkat menjadi (70,58 %), 2) Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat setiap putaran meningkat meningkat dari sebelum putaran (38,23%), putaran I (52,94%), putaran II (67,64 %) dan putaran III meningkat menjadi (85,29%), 3) Melatih diri dalam memecahkan soal setiap putaran meningkat dari sebelum putaran (41,17%) putaran I (55,88%), putaran II (70,58 %) dan putaran III meningkat menjadi (91,17 %). b. prestasi belajar siswa dalam mengerjakan latihan kemandirian setiap putaran meningkat, sebelum putaran (29,41 %), putaran I (47,05 %), putaran II (64,70 %), dan putaran III meningkat menjadi (82,35 %). Kesimpulan penelitian ini adalah Pendekatan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestosi belajar, Cooperative Learning, Two Stay Two Stray.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:21
Last Modified: 14 Nov 2010 18:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item