EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Kelas VII Semester II MTs NEGERI 2 SIMO Tahun Ajaran 2009/ 2010)

RIFTIANA, IKA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Kelas VII Semester II MTs NEGERI 2 SIMO Tahun Ajaran 2009/ 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060149.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
A410060149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Simo yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 54 siswa, yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran AIR lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:13
Last Modified: 04 May 2011 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8368

Actions (login required)

View Item View Item