PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu)

OKTAVIA, YENI (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060137.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
A410060137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project, 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 39 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-A. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) antusias dalam belajar (senang atau bersemangat mengikuti pembelajaran) sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 79,5%, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 87,2%, 3) mengerjakan soal atau tugas dari guru sebelum tindakan 46,2% dan setelah tindakan 82,1%, 4) memberikan pendapat dan bertanya sebelum tindakan 17,5% dan setelah tindakan 53,8%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari ketentuan sekolah yaitu mencapai nilai ≥ 60, sebelum diadakan tindakan sebesar 25,6% dan setelah tindakan 79,5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil-Belajar, Missouri Mathematics Project
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:36
Last Modified: 14 Nov 2010 18:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item