IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO

KARIMAH, ANNISA UL (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060118.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
A410060118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan tingkat partisipasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 693 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FA=5,598, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara partisipasi terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FB=5,176, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, prestasi, ARIAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:16
Last Modified: 14 Nov 2010 18:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item