RATMAWATI , DYAH WAHYU IKA (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA RSBI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060108.pdf Download (47kB) |
|
PDF
A410060108.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan strategi pembelajaran matematika di SMA RSBI Assalaam Sukoharjo. Tujuan khusus memaparkan strategi pembelajaran matematika dan memaparkan interaksi pembelajaran matematika di SMA RSBI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMA RSBI Assalaam Sukoharjo. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Strategi pembelajaran matematika meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan evaluasi. Pada aspek perencanaan pembelajarannya bersifat komprehensif, sistematis, kontekstual dan metodelogis. Pada pengelolaan pembelajaran memiliki prinsip interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan motivasi. Evaluasi pembelajarannya dengan ulangan harian dan tugas mandiri maupun kelompok. (2) Interaksi Pembelajaran Matematika baik antara interaksi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya dapat terjalin dengan baik. Peran guru sebagai informator, organisator, motivator, direktor, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator dan evaluator dapat tercapai dengan baik dan terjadi hubungan timbal balik sangat berfungsi dengan baik. Kegiatan yang ada menciptakan interaksi yang baik pula antara siswa dengan siswa yang terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas. Kerjasama antar siswa dalam kelas terjadi ketika ada salah satu siswa yang sulit dalam menguasai materi, maka teman yang lain membantu teman tersebut untuk memahami sehingga mencipkan semangat dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, Strategi Pembelajaran, Interaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 02:33 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 18:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8351 |
Actions (login required)
View Item |