PRANANJAYA, GURIT (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR(PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Al Islam Kalijambe Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060092.pdf Download (175kB) |
|
PDF
A410060092.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education dengan pemberian tugas terstruktur. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Al Islam Kalijambe Sragen yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, review dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,9% dan setelah tindakan 41,93%, 2) mengajukan pendapat atau tanggapan sebelum tindakan 9,67 % dan setelah tindakan 38,71%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 16,12% dan setelah tindakan 45,16%. Kesimpulan dari penelitian ini dalah pendekatan Realistic Mathematic Education dengan pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Realistic Mathematic Education, Tugas Terstruktur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 02:19 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 18:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8347 |
Actions (login required)
View Item |