KURNIAWAN , ARFIAN ARIF (2010) IMPLEMENTASI METODE LAPS-HEURISTIK MODEL POLYA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP (Eksperimen di Kelas VIII Semester II SMP N 1 Leksono Wonosobo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060014.pdf Download (96kB) |
|
PDF
A410060014.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Leksono, Wonosobo yang berjumlah 218 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa : (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laps-Heuristik Model Polya, Motivasi belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 08:22 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 18:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8323 |
Actions (login required)
View Item |