PERBEDAAN PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SLTP N 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

DEWI, AFIP RASITA CANDRA (2010) PERBEDAAN PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SLTP N 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060004.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A410060004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji dan menganalisis perbedaan metode cooperative script dan keterampilan proses terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat, (2) Menguji dan menganalisis perbedaan kemampuan awal belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat, (3) Menguji dan menganalisis apakah ada interaksi antara metode pembelajaran cooperative script dan keterampilan proses dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura semester II, yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan pembelajaran menggunakan metode cooperative script dan keterampilan proses terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat dengan nilai signifikansi Fobs= 0.041, (2) Terdapat perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah dengan nilai signifikansi Fobs= 0.001, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa baik yang tinggi,sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat dengan nilai signifikansi Fobs= 0.916.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, kemampuan awal, cooperative script, keterampilan proses
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 07:44
Last Modified: 14 Nov 2010 18:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item