Riyanti , Nur Laely Ahda (2010) PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA MENGEMUKAKAN IDE DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN MELALAUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PTK Kelas VIII SMP Negeri 1 Baki Sukohajo Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050151.pdf Download (372kB) |
|
PDF
A410050151.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian mengemukakan siswa ide dan prestasi belajar matematika pada bangun datar lingkaran melalui penerapan strategi belajar PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keberanian siswa siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum putaran 12,5%, putaran I 20%, putaran II 35%, putaran III meningkat menjadi 52,5%, 2) keberanian siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum putaran 20%, putaran I 37,5%, putaran II 47,5%, putaran III meningkat menjadi 67,5%, 3) keberanian siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum putaran 15%, putaran I 22,5%, putaran II 37,5%, putaran III meningkat menjadi 62,5%, 4) keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum putaran 27,5%, putaran I 37,5%, putaran II 52,5%, putaran III meningkat menjadi 75%, 5) keberanian siswa dalam menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum putaran 32,5%, putaran I 42,5%, putaran II 57,5%, putaran III meningkat menjadi 87,5%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum putaran, putaran I, putaran II, dan putaran III penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum putaran prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebesar 50%, putaran I 62,5%, putaran II 87,5%, putaran III meningkat menjadi 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi PQ4R dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keberanian siswa mengemukakan ide dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keberanian, prestasi belajar, PQ4R |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 05:38 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 19:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8311 |
Actions (login required)
View Item |