PAMUNGKAS , ANGGAR TRI (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA DAN PRESTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN VOLUME BALOK ( PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunem ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050141.pdf Download (156kB) |
|
PDF
A410050141.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan model pemebelajaran generatif dalam meningkatkan kedisiplian belajar siswa, 2) Mendeskripsikan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan prestasi siswa, 3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran generatif dalam meningkatakn kedisiplinan dan prestasi siswa. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Gunem sebagai subyek pemberi tindakan dengan dibantu oleh kepala sekolah dalam perencanaan dan seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Gunem yang berjumlah 38 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara Kepala Sekolah, guru matematika dan peneliti. Hasil penelitian menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif terjadi peningkatan kedisiplinan belajar matematika dan prestasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek : 1) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru sebelum dilakukan tindakan 20% dan diakhir tindakan 78,74%, 2) Menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum dilakukan tindakan 17,15% dan diakhir tindakan 74,63%, 3) Datang tepat waktu sebelum dilakukan tindakan 42,91% dan diakhir tindakan 91,74%, 4) Mengulangi materi yang telah disampaikan sebelum dilakukan tindakan 14,28% dan diakhir tindakan 65,79%, 5) Menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum dilakukan tindakan 22,85% dan diakhir tindakan 78,74%. Prestasi belajar dan ketuntasan siswa dalam mengerjakan soal, maka tingkat ketuntasan siswa yang nilainya 60 juga mengalami peningkatan dari 14,28% sebelum dilakukan tindakan dan 63,29% setelah dilakukan tindakan. Dengan adanya peningkatan dari kelima aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran generatif dapat meningkatkan kedisiplinan belajar matematika dan prestasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran-generatif, kedisiplinan, prestasi-siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2010 05:30 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 19:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8310 |
Actions (login required)
View Item |