Rahmah, Aulia and -, Honest Ummi Kaltsum, S. S., M. Hum., (2020) Strategi Pembelajaran Peer Lessons Dengan Media Stik Minions Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Materi Operasi Hitung Bilangan Ratusan Kelas 2 SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (605kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (413kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 03 Makamhaji Kartasura menggunakan strategi pembelajaran peer lessons dengan media stik minions pada muatan pembelajaran matematika. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri 03 Makamhaji Kartasura yang terdiri dari 13 siswa, metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, display data, kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dilakukan dari pra siklus rata-rata nilai siswa 47,69, siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 55,38, siklus I pertemuan 2 nilai rata siswa 70, Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 71,53, siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata siswa 81,53. Dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan penelitian ini penggunaan strategi pembelajaran peer lessons dan media stik minions mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan ratusan kelas II SD Negeri 03 Makamhaji Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peer lessons strategy, media sticks minions, learning outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | AULIA RAHMAH |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 11:36 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 11:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81778 |
Actions (login required)
View Item |