KURNIAWATI, ETIK (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 GATAK TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060273.PDF Download (40kB) |
|
PDF
A410060273.PDF Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Gatak tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa hal ini dapat dilihat dari tiga aspek: 1) keaktifan siswa untuk bertanya atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 17,5%, dan sesudah tindakan sebanyak 77,5%, 2) keaktifan siswa menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan sebanyak 10%, dan sesudah tindakan sebanyak 70%, 3) keaktifan siswa mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 12,5%, dan sesudah tindakan sebanyak 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, TAI (Team Assisted Individualization), alat peraga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2010 09:01 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8174 |
Actions (login required)
View Item |