PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SEMESTER II DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

NURJANAH, SUCIYATI SITI (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SEMESTER II DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060078.PDF

Download (153kB)
[img] PDF
A410060078.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemapuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 220 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan , disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan model konvensional (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan , hal ini berarti bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi selalu mempunyai prestasi yang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa, ini berarti bahwa kelas eksperimen selalu lebih unggul dari kelas kontrol meskipun kemampuan berpikir kreatif siswa dari kelas kontrol lebih tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif , prestasi, Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 08:13
Last Modified: 13 Nov 2010 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item