Muslihatun, Ana and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif di SMP Negeri 5 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, banyak jenis media pembelajaran yang dapat dikembangkan. Media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menjadi salah satu pengembangan inovasi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan guru selama ini, mendeskripsikan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Terdapat 7 tahap yang dilakukan dalam pengembangan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba, dan produk layak. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 5 Surakarta. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validasi dari ahli materi sebesar 88,75% yang termasuk dalam kategori sangat layak, hasil persentase validasi dari ahli media sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak, hasil persentase penilaian dari guru sebesar 98,96% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil persentase penilaian dari siswa sebesar 85,92% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning media, interactive multimedia, mathematics learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANA MUSLIHATUN |
Date Deposited: | 15 Feb 2020 04:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2020 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/80954 |
Actions (login required)
View Item |