PELATIHAN BERMAIN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SD DI KAB. SEMARANG

YUNIAWATI, RUDY (2008) PELATIHAN BERMAIN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SD DI KAB. SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
T100004001.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
T100004001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD setelah mendapatkan pelatihan bermain kata. Pelatihan bermain kata mengacu pada teori Kemampuan membaca dari skanovich dan aspek – aspek yang dikembangkan dalam pelatihan ini adalah : Rekognisi kata, Pemahaman Kosakata, Pemahama n Sintaksis, Penggunaan Konteks. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa SD kelas 1 yang belum lancar membaca. Subjek penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh dengan teknik purposive random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes kemampuan membaca, observasi, dan Tes Kecerdasan (CPM) sebagai alat pendukung data. Pada masing – masing keolmpok diberikan tes Kemampuan Membaca sebanyak tiga kali yaitu Pre test, Post Test , dan 1 minggu setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan membaca yang sangat signifikan pada kelompok eksperimen setelah mendapat pelatihan bermain kata, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan bermain kata terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK S2/F100-030
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Pela tihan Bermain Kata, siswa SD ke las 1 yang belum lancar membaca.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Jul 2010 04:20
Last Modified: 14 Nov 2010 21:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8039

Actions (login required)

View Item View Item