YUNITA , FITRIATI (2010) PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MAN 1 SURAKARTA PADA PROGRAM UMUM DAN PROGRAM MAPK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100050177.pdf Download (150kB) |
|
PDF
F100050177.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Kemandirian belajar sangat penting bagi seorang siswa, kemampuan belajar sendiri yang dimiliki oleh setiap siswa dengan berbagai macam teknik yang digunakan sesuai dengan keinginannya sendiri dan bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang telah dipilihnya sendiri. Kemandirian belajar pada dasarnya dipengruhi beberapa faktor antara lain gen atau keturunan orang tua, pola asuh orang tua, sistem pendidikan disekolah dan sistem pendidikan di masyarakat. Salah satu sistem pendidikan disekolah MAN 1 Surakarta adalah program umum dan program MAPK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa MAN 1 Surakarta pada program umum dan program MAPK. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kemandirian belajar siswa MAN 1 Surakarta pada program umum dan program MAPK. Siswa program MAPK memiliki kemandirian belajar yan lebih tinggi dari pada siswa program umum. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1057 siswa, dimana siswa Program umum berjumlah sekitar 941 siswa dan MAPK berjumlah sekitar 116 siswa. Subjek yang digunkan untuk uji coba adalah siswa MAN 1 Surakarta baik program umum atau program MAPK. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa, 59 dari program umum dan 59 darp program MAPK. Cara atau teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penentuan subjek penelitian yaitu stratified cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala kemandiian belajar. Dengan aspek yang digunakan yaitu aspek bebas, progresif dan ulet, inisiatif, pengendalian diri, serta kemantapan diri. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai t = -6,702 dengan p = 0,000 (p< 0,01). Hasil ini berarti ada perbedaan kemandirian belajar yang sangat signifikan pada siswa MAN 1 Surakarta antara program umum dan Program MAPK. Nilai rerata kemandirian belajar siswa program umum = 123,98 dan rerata kemandirian belajar siswa pada program MAPK = 136,51. Hasil ini berarti siswa MAN 1 Surakarta pada Program MAPK memiliki kemandirian belajar lebih tinggi dibandingkan siswa program umum.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 09:21 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 21:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8038 |
Actions (login required)
View Item |