ARANI , ESTI WIKA (2010) HUBUNGAN ANTARA MOTIF AFILIASI DENGAN INTENSITAS MENGGUNAKAN FACEBOOK PADA DEWASA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100050069.pdf Download (65kB) |
|
PDF
F100050069.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
Abstract
Akhir-akhir ini situs facebook sangat digandrungi oleh banyak kalangan, dari remaja hingga dewasa, pelajar hingga karyawan. Jejaring sosial facebook merupakan struktur sosial yang dibangun atas node (bisa berupa orang/individu maupun organisasi) yang terikat satu sama lain dengan lebih dari satu model ikatan. Melalui Facebook, seseorang dapat mengetahui secara lengkap seperti nama, tanggal lahir, foto wajah, alamat, pekerjaan atau semua informasi seseorang yang disertakan di dalamnnya. Fenomena yang sedang melanda banyak kalangan ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui kira-kira faktor apa yang membuat banyak kalangan terutama para dewasa awal menggunakan facebook. Dalam penelitian ini diajukan hipotesis bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi intensitas penggunaan facebook yakni tingginya motif afiliasi individu yang bersangkutan yang menggunakan facebook. Sehingga peneliti mengambil judul hubungan antara motif afiliasi dengan intensitas menggunakan facebook. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 mahasiswa Fakultas Psikologi UMS. Penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Sedangkan metode pengambilan data penelitian ini menggunakan skala. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan korelasi product moment. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam alat ukur yaitu: Skala motif afiliasi, dan untuk intensitas hanya ditanyakan seberapa sering subyek menggunakan facebook dalan hitungan satu harinya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai korelasi r sebesar 0,300 dengan p= 0,009 (p<0,01), yang berarti ada hubungan positif antara motif afiliasi dengan intensitas menggunakan facebook pada dewasa awal. Berdasarkan rerata hipotetik yang dibandingkan dengan rerata empirik maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi UMS rata-rata mempunyai motif afiliasi yang sedang. Dari hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motif afiliasi dengan intensitas menggunakan facebook. Dengan demikian variabel motif afiliasi dapat dijadikan prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan intensitas menggunakan facebook. Semakin tinggi motif afiliasi maka akan semakin tinggi intensitas menggunakan facebook, dan sebaliknya semakin rendah motif afiliasi subyek maka akan semakin rendah pula intensitas menggunakan facebook .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motif afiliasi, intensitas menggunakan facebook |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 02 Jul 2010 08:36 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 22:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7991 |
Actions (login required)
View Item |