Nurliana, Reny (2010) TEKNIK DEPRIVASI SEBAGAI UPAYA MENANGANI AGRESIVITAS PADA ANAK USIA TK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100050023.pdf Download (111kB) |
|
PDF
F100050023.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
Abstract
Institusi pendidikan merupakan alat bantu bagi para orang tua untuk mendidik dan mengoptimalkan periode tumbuh kembang anak-anak.Taman kanak-kanak (TK) merupakan pendidikan pra-sekolah yang diselenggarakan bagi anak usia 4-6 tahun. Anak-anak pada usia ini membutuhkan persetujuan dari orang-orang dewasa di sekitarnya tentang perilaku yang boleh dan tidak boleh dia lakukan. Tidak semua anak dapat selalu menunjukkan perilaku baik. Sebagian diantaranya ada yang berperilaku agresif. Faktor yang berpengaruh terhadap agresivitas anak diantaranya adalah situasi, lingkungan, serta pola asuh yang diberikan kepada anak. Untuk menangani kecenderungan perilaku agresif pada anak diperlukan peran serta orang yang memiliki kedekatan dengan anak. Di sekolah figur yang memiliki otoritas dan wewenang untuk mengatur perilaku anak adalah guru. Teknik deprivasi sebagai salah satu pengendalian perilaku dapat digunakan untuk mengurangi intensitas perilaku agresif anak yang dilakukan dengan cara mencabut atau tidak mengikutsertakan anak dalam pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, dapat dilakukan dengan mengambil hak-haknya atau miliknya, atau mengeluarkan anak untuk sementara ke tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik deprivasi terhadap penurunan kecenderungan agresivitas pada anak usia TK. Populasi penelitian ini adalah murid-murid TK Al-Azhar 28 Solobaru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang diperoleh dengan cara purpossive non random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi menggunakan behavioral checklist dan lembar open ended. Dari hasil analisis data yang disajikan dalam bentuk grafik diketahui bahwa teknik deprivasi efektif untuk menurunkan agresivitas pada anak usia TK. Aspek yang dominan terhadap keberhasilan penerapan metode ini adalah ketegasan dan konsistensi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agresivitas, Anak Usia TK dan Teknik Deprivasi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 02 Jul 2010 08:24 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 22:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7985 |
Actions (login required)
View Item |